Berita COVID-19

Card image cap
New Normal Kukar : Sektor Pariwisata, Salon/Spa dan Resepsi Pernikahan

DinkesKukarNews I Tenggarong_ Bupati Kutai kartanegara, Drs. Edi Damansyah, M.Si, secara bertahap dan dengan penuh kehati-hatian mulai melakukan relaksasi di beberapa sektor roda ekonomi dan aktivitas warganya.  Sesuai Surat Edaran Bupati kutai Kartanegara Nomor : P-1863/DINKES/SKRT/6/2020 tanggal 24 Juni 2020 tentang Penyelenggaraan relaksasi Menuju Normal Baru ( New Normal) Produktif dan aman pada Masa Pandemi COVID-19 dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pariwisata, Salon/Spa dan resepsi Pernikahan, menjadi Sektor yang mengalami relaksasi selanjutnya setelah sebelumnya ada pasar tradisional, pasar malam dan Crew change di BUMN/Perusahaan yang ada di Kukar.

Pelaksanaan Tata Normal Baru di Kutai Kartanegara dilaksanakan secara bertahap dengan mencermati kondisi pemetaan epidemiologi wilayah, tingkat respon penanganan wilayah terhadap masyarakat yang terinfeksi COVID-19 serta urgensi terhadap pengurangan pembatasan baik dari sisi ekonomi,sosial dan buadaya.

Hampir satu bulan sejak ditetapkan penyelenggaraan relaksasi menuju Normal baru dan aman pada masa pandemi COVID-19 di wilayah Kukar ( 4 juni 2020 ), Angka Reproduksi Efektif ( Rt ) Kukar konsisten dibawah 1 (satu ), yang berarti Kukar dapat mengendalikan laju penularan COVID-19 dari satu orang ke orang yang lain. Kukar juga secara aktif melakukan Rapid Massal kepada warganya yang beresiko tinggi dan rentan tertular COVID-19 seperti Pedagang, aparatur Pemerintahan di Kukar, Pelaku Usaha, santri   dan Petugas KPPS di seluruh Kukar. Hingga saat ini Warga Kukar yang telah dilakukan Rapid Test berjumlah 8 (delapan ) ribuan.

Secara garis besar pelaksanaan Relaksasi di sektor pariwisata, Spa/salon dan Resepsi Pernikahan  mengikuti kaidah umum Protokol Kesehatan dalam masa pandemic seperti, pintu Keluar dan Masuk harus dibedakan, menyediakan buku tamu, melakukan pemeriksaan suhu, membatasi pengunjung, menyediakan alat cuci tengan, menjaga jarak aman dan memakai masker. (stw)


Download SE Bupati Kutai kartanegara  ,Relaksasi Pariwisata, Spa/salon dan Resepsi pernikahan di link berikut : http://gugus-tugas.kukarkab.go.id/uploads/a449d2a9731070f5d6605136c139811b.pdf

sumber : dinkes.kukarkab.go.id/